Daftar Orang Kaya Indonesia

Daftar Orang Kaya Indonesia

Daftar Orang Kaya Indonesia – Negara Indonesia yang dengan jumlah penduduknya terbesar ke 4 didunia, memiliki potensi perdagangan lebih besar dan lebih luas dari negara lainnya sehingga perekonomiannya bisa dikatakan sangat maju.

Negara Indonesia yang memiliki luas akan kepulauan dan daerahnya tentunya memiliki banyak peluang untuk membangun usaha atau mendirikan jaringan usaha. Karena dengan pangsa pasar yang besar serta penduduk yang banyak banyak tentunya akan menjadikan usaha yang adan jalankan berhasil.

Untuk mencari inspirasi dalam menbangun usaha anda, disini kami akan beberapa pengusaha yang akan pandaun anda untuk terus berusaha agar anda berhasil. Inilah Daftar Orang Kaya Indonesia yang berprofesi dari semua bidang usaha yang ada didunia.

1. Robert Budi Hartono

Sosok yang satu ini ternyata merupakan orang terkaya nomor 1 di Indonesia. Bahkan namanya juga tercantum di majalah Forbes dengan predikat orang terkaya nomor 131 di dunia. Nama Robert Budi Hartono berhasil bertahan di daftar nama orang terkaya di Indonesia selama beberapa tahun. Pria yang memiliki nama asli Oei Hwie Tjhong ini adalah anak kedua dari pendiri perusahaan Djarum, yaitu Oei Wie Gwan. Total kekayaannya pada tahun 2016 ini sebesar US$ 8,1 miliar (sekitar Rp105,3 triliun). Kekayaannya berasal dari bisnis utamanya, yakni rokok. Selain itu, ia juga memiliki sebagian besar saham Bank BCA.

2. Michael Bambang Hartono

Tidak hanya Robert Budi Hartono saja yang sukses berbisnis rokok, namun Michael Hartono pun demikian. Ia merupakan salah satu pemilik perusahaan rokok Djarum. Michael merupakan kakak dari Robert Budi Hartono. Keduanya mewarisi Djarum setelah ayah mereka, Oei Gwan, meninggal pada tahun 1963. Pabrik rokok mereka sempat terbakar habis. Namun Michael dan Robert berhasil membangkitkan kejayaan Djarum kembali, bahkan sampai luar negeri. Hingga saat ini, Djarum mendominasi pasar rokok kretek di Amerika Serikat. Bahkan melebihi Gudang Garam dan Sampoerna. Tahun 2016 ini, kekayaan Michael mencapai USD 7,9 miliar (sekitar Rp102,7 triliun).

3. Chairul Tanjung

Chairul Tanjung merupakan pengusaha sekaligus mantan Menko Perekonomian. Ia sempat menjadi Menko Perekonomian pada 19 Mei 2014 hingga 27 Oktober 2014 karena menggantikan Hatta Rajasa. Nama Chairul terkenal sebagai pengusaha sukses yang memimpin CT Corp. Hingga saat ini, perusahaannya telah membawahi beberapa anak perusahaan seperti Bank Mega, Trans Corp, dan CT Global Resources. Ia memulai bisnisnya sejak di bangku kuliah di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia. Total kekayaannya mencapai USD 4,9 miliar (sekitar Rp63,7 triliun).

4. Sri Prakash Lohia

Peringkat keempat diduduki oleh Sri Prakash Lohia yang merupakan pendiri sekaligus ketua dari Indorama Corporation. Indorama Corporation merupakan perusahaan petrokimia dan tekstil di tanah air. Pria yang lahir dan besar di India ini memiliki kekayaan sebesar USD 4,2 miliar (sekitar 54,6 triliun). Ia telah menetap di Indonesia sejak tahun 1974 untuk menjalankan kehidupan profesionalitasnya dengan berbisnis.

5. Bachtiar Karim

Bachtiar Karim dikenal sebagai pimpinan dari Musim Mas Group yang bergerak di lini bisnis utama minyak sawit atau CPO. Perusahaan ini mempunyai kapal tanker dan terminals sendiri. Bahkan perusahaan milik Bachtiar ini digadang-gadang sebagai perusahaan pengolahan sawit terbesar di dunia. Awalnya perusahaan ini bernama Nam Cheong Soap Factory, namun Bachtiar merubahnya menjadi PT Musim Mas. Ia memulai bisnisnya dari dasar, walaupun bisnis ini memang telah diturunkan dari keluarganya. Kekayaan Bachtiar Karim pada tahun 2016 ini mencapai USD 3,2 miliar (sekitar Rp41,6 triliun).

6. Mochtar Riady

Posisi keenam ditempati oleh Mochtar Riady yang merupakan pengusaha Indonesia terkemuka. Ia adalah seorang pendiri sekaligus presiden komisaris dari Lippo Grup. Hingga saat ini, Mochtar Riady banyak dikenal masyarakat sebagai seorang praktisi perbankan yang handal. Dengan kekayaan sebesar USD 2,1 miliar (sekitar Rp27,3 triliun), namanya melambung menjadi salah satu konglomerat keturunan Tionghoa-Indonesia hingga ke mancanegara.

Keenam nama tersebut adalah orang terkaya yang ada di Indonesia tahun 2016. Jika disimpulkan, daftar orang kaya di Indonesia memang didominasi oleh seorang pengusaha. Ada yang terlahir dari keluarga miskin dan pas-pasan, namun berhasil membangun bisnis dari nol. Namun ada juga yang gigih mempertahankan serta mengembangkan bisnis keluarga. Tentunya kisah mereka dalam membangun sebuah bisnis layak menjadi inspirasi kita semua.

Demikian berita Daftar Orang Kaya Indonesia yang dapat kami sampaikan anda, untuk menjadi penyemagat anda dalam menuju hidup yang lebih sejahtera.

Baca JugaDaftar Orang Kaya Thailand

 

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *