Jack Ma Gagal Membeli Salah Satu Perusahaan Di AS

Jack Ma Gagal Membeli Salah Satu Perusahaan Di AS

Jack Ma sebagai pendiri perusahaan Alibaba berniat untuk mengakuisisi salah satu perusahaan di AS yaitu Moneygram akan tetapi niatnya tersebut ternyata terbentur oleh regulasi dari Amerika Serikat yang menolak rencana tersebut.

Rencana ini sebenarnya telah diumumkan setahun lalu dan Ant Financial Service Group telah setuju untuk membeli Moneygram Internasional yang beroperasi di 200 negara senilai US$ 1,2 miliar (Rp 16 triliun).

BACA JUGA :

Sayangnya rencana pembelian ini batal dalam semalam karena pemerintah AS menolak pembelian tersebut atas dasar keamanan nasional.

CEO Moneygram Alex Holmes mengatakan, perusahaan gagal mendapatkan persetujuan dari Committee on Foreign Investment (komite penanaman modal asing) Amerika Serikat. Hal ini karena ada kekhawatiran data Moneygram dipakai untuk memata-matai warga negara AS.

Gara-gara penolakan pembelian Moneygram, saham Moneygram turun 8,5 persen, beberapa jam setelah pengumuman tersebut.

Penolakan ini tentu sangat mengecewakan bagi Jack Ma, selaku pemilik Ant Financial. Sebab, Jack Ma membeli Moneygram untuk memperluas bisnis global Ant Financial di Asia dan Amerika Serikat.

Hal ini lantaran di dalam negeri Ant Financial mendapatkan kompetisi sangat ketat dari rivalnya, Tencent Holdings dengan platform pembayaran WeChat payment.

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *